Jumat, 01 Oktober 2010

Kreatif Lwat scRapbook

duh..duh.
stLah browsing di internet tetang srapbook kok saia jsi mkin suka y ma yng satu ni..
Btw udah Pda tw bLm scrapbook tu apa??
kegiatan ini dahulu terkenal dengan menempel foto dari barang bekas ini, kini berkembang menjadi ajang kreatifitas bagi pecinta dunia kreatif.

Asal kata scrapbook yaitu dari kata scrap, yang artinya barang sisa. Ide awalnya adalah menghias buku harian dengan gambar-gambar atau foto yang dikombinasikan dengan hiasan dan disain yang cantik. Namun, buku tersebut juga harus berisi cerita mengenai foto, jadi bukan hanya sekedar hiasan biasa, bahkan bisa menjadi jurnal di dalamnya.

Di Indonesia, scrapbooking kini telah menjadi trend yang menghinggapi kalangan wanita khususnya ibu-ibu. Di waktu luang, banyak sekali yang tertarik belajar scrapbook bahkan mengikuti kursus tertentu.

Misalnya saja, di toko Nap's yang terletak di FX Lifestyle X'nter. Toko one-stop-store ini selain menjual banyak material untuk scrapbooking, juga membuka kursus bagi peminat scrapbook. Harga kelasnya terjangkau mencapai Rp. 150.000,- hingga Rp.250.000,- saja. Bahkan, Nap's juga menyediakan jasa rental scrapbooking kits per jam.

Beberapa pelopor scrapbook di Indonesia seperti pendiri www.myscrapbookideas.com juga sering membuka kelas kursus scrapbook. Ina, pendiri My Scrapbook Ideas (MSI) mengungkapkan bahwa sudah ada 2000 konsumen scrapbook dan tiap tahunnya MSI selalu menambah jumlah kelas kursus scrapbook.

Bagi yang masih ingin mencoba disain pribadi atau hanya sekedar iseng, beberapa toko buku seperti Gramedia atau Kinokuniya juga mulai menjual bahan-bahan scrapbook, walaupun masih terbatas.

Nah, berikut beberapa tips singkat bagi anda yang ingin mulai mencoba scrapbooking:

- Tentukan tema album atau foto apa yang anda inginkan. Kumpulkan foto-foto yang menjadi 'tokoh' dalam album scrapbook anda dan pikirkan alur cerita sehingga akan menjadi kenangan yang menarik.

- Belilah bahan-bahan dasar/awal untuk membuat sebuah scrapbook sederhana. Anda bisa memulainya dari buku gambar atau buku yang sudah tak terpakai namun masih layak. Siapkan pula gunting, beberapa pita dan lem.

- Gunakan lem yang memang aman untuk foto. Atau alternatifnya gunakan double-tape. Ini untuk menghindari foto anda rusak atau menggembung ketika ditempel.

- Kenalilah jenis kertas yang akan anda gunakan untuk album scrapbook anda. Gunakan kertas berbahan "acid free" karena akan lebih tahan lama dan tidak akan menguning. Sebaliknya, hindari kertas "lignin free" karena tidak akan awet dan cepat rapuh.

- Kreatiflah dengan menggunakan benda-benda sekeliling anda untuk mengkreasikan scrapbook anda. Ini tentunya akan menghemat pengeluaran anda.

- Sebaiknya hindari penggunaan aksesori berlebihan karena intinya scrapbook adalah sebuah album sebagai kenangan anda. Jadi foto dan ceritanya pasti tetap menjadi 'tokoh utama' di dalamnya.

Selamat berkarya lewat scrapbook, ya!

kutipan dari : www.urbanesia.com

tapi klo saia lebih suka berkreasi dengan scrapbook digital,soalnya kita bsa tmbhin lagu..

trs kyak buku digital z bisa membuka halaman sendiri,

ada banyak sofwae gratis yng kamu dapat di google,tggal download z kwand, buat deh kreasi,,

tpi klo kmu pnya design2 sendiri bsa lho kmu jual design tu ..

ada Bbrapa contoh srapbook yng aku buat..

Lihat di album foto ku di multiply, atu di blog q..

or In my photostream at flicker.okey??

sLamat Mncoba..

http://t-funnytiesen.blogspot.com

http://www.flickr.com/photos/tiffanytiesen/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar