Jumat, 05 November 2010

Bebas Zona Gelap



 
 
Maksud hati ingin tampil fashionable dengan busana tanpa lengan. Tapi, kalau lipatan ketiak berwarna gelap, wah, bisa-bisa Anda menjadi bahan gunjingan. Daerah ketiak yang hitam bukan hanya terjadi pada wanita berkulit kecokelatan. Kulit putih mulus pun bisa memiliki bagian lipatan ketiak berwarna gelap. Hal ini terjadi karena faktor hormonal. Misalnya pada saat kehamilan, atau gangguan pigmentasi kulit karena iritasi kulit.
Gangguan pigmentasi disebabkan oleh alergi terhadap deodoran atau parfum, kulit teriritasi saat mencukur atau mencabut bulu, maupun akibat gesekan yang terjadi antara busana dan kulit ketiak. Bulu ketiak merupakan tempat berkembang biaknya bakteri. Jika kurang terjaga kebersihannya. Akan menimbulkan gatal. Kebiasaan menggaruk di bagian ini juga bisa membuat kulit mengalami iritasi, sehingga warna kulit menggelap.

BENARKAH CARA INI?

 SOLUSI   Untuk memutihkan kulit ketiak, bisa dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih. Cukup seujung jari dan oleskan di bagian yang berwarna gelap. Bersihkan dengan air hangat.
 FAKTA   Kandungan yang terdapat dalam pasta gigi biasanya cukup keras untuk kulit di ketiak. Jika kulit Anda termasuk jenis sensitif, hal ini justru akan memperparah kondisi kulit. Pemutih dalam pasta gigi tidak ada hubungannya sebagai pemutih kulit.

 SOLUSI  Gunakan air perasan lemon dan mentimun. Gosokkan di kulit yang menggelap, diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan waslap hangat. Bisa dilakukan pagi dan malam hari.
 FAKTA  Mentimun bersifat mendinginkan, dan lemon mengandung antioksidan yang dapat mencerahkan melanin kulit. Perawatan ini bisa saja dilakukan untuk mengurangi tingkat kegelapan pada warna kulit, walaupun sangat ringan.

 SOLUSI  Oleskan cairan tawas, dan gosok lembut pada lipatan ketiak. Ulangi tiap 2 hari sekali.
 FAKTA  Tawas merupakan bahan untuk mencegah bau badan. Cara kerjanya adalah mengurangi proses keringat, terutama di bagian lipatan ketiak. Tetapi, tawas tidak bersifat mencerahkan maupun memutihkan warna kulit.

PERAWATAN KLINIK

Duraflash Under Arm
Lokasi: House of Dura    Durasi: 15 menit    Harga: Rp. 500.000
Duraflash adalah perawatan dengan photo thermolysis, yaitu teknologi terbaru menggunakan energi cahaya dan panas. Perawatan ini cocok untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif. Cahaya yang dipancarkan melalui duraflash dapat mencerahkan warna kulit, karena menghancurkan melanin pada kulit yang menggelap. Hal ini dilakukan tidak lebih dari 5 menit untuk satu lekukan ketiak.

1 Bagian lipatan ketiak diber­sihkan menggunakan pembersih berbentuk gel berbutir halus yang cocok untuk semua jenis kulit. Dilakukan dengan gerakan menyerupai pijatan.
2 Sisa pembersih diangkat hingga benar-benar bersih menggunakan waslap yang sudah dibasahkan dengan air hangat.
3 Lalu bagian lipatan ketiak yang sudah bersih dikompres menggunakan es. Tujuannya untuk memberi kenyamanan pada pasien sebelum disinar.
4 Dokter menyiapkan alat duraflash, dan siap menyinari area yang gelap.

PERLU DIKETAHUI

✔ Sebelum melakukan perawatan, buatlah janji temu terlebih dahulu, dan lakukan konsultasi dengan dokter. Tindakan perawatan duraflash hanya dapat dilakukan oleh dokter.
✔ Jika bulu ketiak panjang, sebelum perawatan akan dicukur terlebih dulu. Perawatan ini aman dilakukan oleh usia remaja hingga dewasa.
✔ Pada beberapa orang, perawatan ini akan menimbulkan sensasi hangat di bagian yang disinar. Sebagian lainnya tidak akan merasakan apa pun, tergantung sensitivitas kulit.

Penulis: Revyana Zulardiani.


[Dari femina 21 / 2010]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar