Rabu, 22 Desember 2010

Azumanga Daioh [anime n manga]

Judul Asli: Azumanga Daioh あずまんが大王
Author: Kiyohiko Azuma
Genre: Comedy, High School, Slice of Life
Publisher: MediaWork
Magazine: Dengeki Daioh
Original Run: Februari 1999 - Juni 2002
Manga vol: 4 [complete]
Anime episode: 26 [complete]
Penerbit Indonesia: ElexMedia

Komik tentang kehidupan sehari-hari 6 siswi SMU di Tokyo yang berbeda karakter bersama walikelas mereka yang kekanakan. Chiyo, Sakaki, Osaka, Yomo, Tomo selama tiga tahun di SMU sekelas terus dengan walikelas yang sama, Yukari sensei. Pas kelas 2 baru gabung Kagura, ikut 'meramaikan' suasana di kelas itu.
Ceritanya gak jauh dari kehidupan seputar sekolah, ada pestipal olahraga, pestipal kebudayaan, liburan musim panas, pe-er, dan kehidupan setelah sekolah. Karna perbedaan karakter dari setiap pemainnya makanya sering timbul kejadian-kejadian lucu.
 
Judul "Azumanga" adalah gabungan dari nama Azuma [nama pengarangnya] dengan kata manga [komik]. Sedangkaan "Daioh" diambil dari nama majalah yang menerbitkan komik ini.

Yang unik dari Azumanga Daioh ini adalah komiknya yang berbentuk empat panel. Biasanya setiap halaman terdiri dari dua cerita dengan dua judul berbeda. Tapi isinya masih nyambung dengan cerita sebelumnya.
Komik yang cocok untuk refreshing, ceritanya ringan.

Karakter








Chiyo Mihama [chiyo-chan]
Anak kecil yang jenius, makanya dia udah masuk SMU diusianya yang ke 11 tahun. Tapi kelakuannya tetep aja masih kayak anak kecil n polos, makanya orang menyukainya dan menganggapnya imut. Meskipun kadang-kadang temen-temennya iri juga soalnya Chiyo itu udah jenius, imut, tajir lagi!!








Tomo Takino
Gadis yang sangat aktip dan senang persaingan. Gak mau kalah dari Chiyo n Sakaki padahal udah jelas-jelas dia kalah. Yang paling dodol diantara teman-temannya, paling iseng, jail. Chiyo yang paling sering jadi korban, kayakna demen banget dech liat Chiyo 'menderita'. Kalo tekadnya dah kuat, kadang-kadang dia tak terduga. Tapi menurut veg, dia yang paling kocak








Koyomi Mizuhara [Yomi]
Temenan ma Tomo dah lama, tapi kerjanya berantem mulu ma Tomo. Lagi berusaha buat menguruskan badan, bete kalo ada orang laen yang makan mulu tapi gak gemuk-gemuk. Diantara yang berenam itu, kayakna Yomi yang paling serius n rada tenang [kadang-kadang].

 
Sakaki
Badannya tinggi gede, cantik, jago olahraga, makanya orang pada ngira dia tipe ce 'cool'. Padahal sebenernya diem-diem dia pecinta binatang n demen banget ma kucing. tapi entah mengapa kok kucing-kucing itu malah pada musuhin dia, suka ngegigit kalo mo dielus ma Sakaki. Sakaki juga demen ngasi nama ke boneka.









Ayumu Kasuga [Osaka]
Murid pindahan dari Osaka, makanya dia dipanggil Osaka [fyi, Tomo yang duluan ngasi dia nama Osaka, padahal sendirinya juga orang Osaka]. Osaka ini anaknya suka gugup, lamban, demen ngelamun, suka tidur di kelas. kadang-kadang dia suka mikirin yang nggak-nggak soal hal-hal yang ada di sekelilingnya. Osaka ini yang paling 'akur' ma Chiyo








Kagura
Baru gabung ke kelasnya Chiyo cs pas kelas 2. Dia jago olahraga, bisa dibilang selepel ma Sakaki, makanya dia pengen banget ngalahin Sakaki. Kagura termasuk salah satu 'pasanga berantem'-nya Tomo, sama-sama 'baka' nich








Yukari Tanizaki
Biasa dipanggil Yukari sensei. Guru bahasa Inggris sekaligus wali kelas mereka. Cara ngajarnya rada aneh, n dia juga kekanakan banget. Rada mirip Tomo, orangnya gak mau kalah banget, nyetir mobilnya payah sampe-sampe bikin Chiyo trauma.








Minamo Kurosawa
Biasa dipanggil Nyamo [Yukari sensei yang ngajarin]. Dia guru olahraga, wali kelas di kelas sebelah, sekaligus temen deketnya Yukari sensei. Nyamo guru yang ngetop diantara murid-murid. Sebenernya dia itu kalem, tapi kadang-kadang lepas kendali juga kalo udah 'dikomporin' ma Yukari.

ada salah satu ost anime-nya yang lucu banget, judulnya Tsukurimasho!
lagunya bisa didenger di blog veg yang satunya lagi --> www.bloggaul.com/vega_enz

ini liriknya

Tsukurimashou, tsukurimashou,
Sate sate nani ga dekiru ka na.
Hai, dekimashita.

Nemurimashou, nemurimashou,
Sate sate dare ga ichiban ka na.
Hai, Oosaka-san desu ne.

Hashirimashou, hashirimashou,
Sate sate dare ga ichiban ka na.
Hai, yappari Sakaki-san!

Sawagimashou, sawagimashou,
Sate sate dare ga urusai ka na?
Tomo-chan desu ne.
To mottara, Yukari-sensei desu!

Oyogimashou, oyogimashou,
Sate sate dare ga ichiban ka na.
Hai, yappari, Kagura-san desu ne!

Kore de oshimai!

Oi! Chiyosuke!
Watashi ga detenai zo, watashi ga!

Nanda yo-! Yomi ni torie nanka anno ka yo-!
Nani--!?

Aaa, kenka wa yamete kudasai--

Eeto, eeto, eeto,
A,

Yasemashou, yasemashou,
Sate sate chanto, dekita ka na.
Are-?

Ma-ta shippai de-su!
Kono yaro- iwasete okeba--!

Utaimashou, utaimashou,
Minna de utaeba, tanoshii na. Ehe!

Chiyo-cha-n, atashi ni mo utawasete.
Oi? mochiron ii desu yo!

Hona, ikudee.

Tsukurimashou, tsukurimashou,
Sate sate nani ga dekiru ka na.
A......kore wa......
Taberareru you na, taberarehen you na......
Kore wa na, chaunen.

......Osaka-san. Watashi tabete mimashou ka......?
Chaunen!

CHANCHAN!!


Sung by: Tomoko Kaneda, Rie Tanaka, Chieko Higuchi, and Yuki Matsuoka (Chiyo-chan, Yomi, Tomo and Osaka)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar