Jumat, 05 November 2010

25 Jawaban Masalah Kecantikan


1. Meskipun tidak rontok, rambut lama-kelamaan terlihat tipis. Mengapa?
Penuaan pada kulit kepala, faktor keturunan, dan hormonal adalah beberapa penyebabnya. Meskipun tidak rontok, diameter batang rambut mengecil sehingga rambut yang semula tebal jadi terlihat tipis.

2. Dapatkah penuaan kulit kepala diatasi?
Hal tersebut bisa diperlambat dengan antioksidan. Bisa didapat melalui makanan maupun produk perawatan rambut yang kaya antioksidan. Asupan air yang cukup, olahraga teratur, dan gaya hidup sehat juga sebaiknya dilakukan secara simultan agar lebih efektif.

3. Dapatkah bulu mata yang rontok tumbuh kembali?
Tentu saja. Namun, proses tumbuhnya tidak secepat pertumbuhan rambut di area kulit kepala. Suplemen-suplemen yang dikonsumsi untuk pertumbuhan rambut memang bisa membantu, meskipun tidak signifikan.

4. Apa itu milia?
Milia adalah bintil-bintil kecil berwarna putih yang biasanya muncul di daerah sekitar mata dan pipi. Milia terbentuk karena keratin di bawah lapisan kulit tidak mengelupas secara sempurna, namun malah menggumpal di dalam. Tidak bisa dihilangkan hanya dengan dipencet. Facial teratur dapat mengatasinya.

5. Bagaimana kantung mata (baggy eyes)bisa terbentuk? Bisakah dihilangkan?
Faktor umur adalah penyebab utama setelah faktor keturunan (genetik). Usia yang bertambah menyebabkan kulit menipis sehingga lemak yang terkumpul di bawah kulit semakin terlihat dan berkantung. Cara menghilangkannya dengan membuang lemak yang menumpuk tersebut (operasi) dan mengencangkan kulit (laser).

6. Mengapa make-up tidak terbaur secara sempurna saat sedang hamil?
Saat hamil, wanita mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan kondisi kulit secara fisiologis berubah (misalnya, pori-pori membesar dan kulit menjadi lebih mudah berminyak). Perubahan kulit tersebut memungkinkan hasil riasan tidak sebaik saat wanita tidak hamil.

7. Tepian bibir lambat laun menghitam. Kenapa, ya?
Hal itu terjadi karena pembengkakan pembuluh darah di lapisan kulit. Ini sama dengan pembentukan lingkaran hitam di bawah mata. Selain faktor keturunan, nikotin pada rokok dan paparan sinar matahari berlebihan bisa menjadi penyebabnya. Sangat dianjurkan untuk menggunakan lip balm atau lipstik yang mengandung SPF untuk melindungi bibir.

8. Produk perawatan apa yang cocok untuk mengatasi bibir yang mengalami sun burn?
Sebaiknya menggunakan produk-produk aftersun, seperti krim penyejuk dan krim emollient. Produk dengan bahan alami aloe vera juga mampu mengurangi rasa nyeri.

9. Apa yang menyebabkan munculnya kutil di kaki & tangan?
Kutil yang muncul di kaki dan tangan disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) dan kutil jenis ini menular (beda dengan kutil yang tumbuh di wajah, punggung, atau leher yang dikarenakan karena bertambahnya usia). Kutil jenis ini bisa dihilangkan dengan bedah kimia, bedah listrik, atau bedah laser.

10. Apa penyebab kuku mudah terkelupas?
Penyebabnya beragam. Infeksi jamur, penyakit sistemik, hingga yang paling sering dijumpai: eksim pada kuku (daerah pangkal kuku mengalami peradangan) dan kurang nutrisi. Dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya asam amino (protein) dan vitamin E.

11. Mengapa kulit lutut dan siku mudah kering & menghitam?
Sama halnya dengan yang terjadi pada jari kaki, gesekan terlalu sering membuat kulit menebal (terasa kering dan kasar). Rawat dengan eksfoliasi teratur dan penggunaan lotion.

12. Mengapa jari-jari kaki tetap terasa kasar, meskipun sudah diberi lotion secara teratur?
Gesekan yang terlalu sering membuat kulit menjadi menebal (kapalan) dan kasar. Hal ini biasa terjadi jika kerap menggunakan sepatu tertutup dengan ujung yang runcing. Karena itu, gunakan sepatu tertutup dan terbuka secara bergantian.

13. Di bagian ketiak kadang terlihat benjolan yang sewaktu-waktu dapat muncul dan menghilang. Apakah ini termasuk jerawat?
Jika bentuknya menyerupai jerawat (bermata), memang benar benjolan itu adalah jerawat. Daerah ketiak banyak terdapat kelenjar minyak, sehingga memungkinkan untuk timbul jerawat. Perubahan hormon adalah pemicu yang dominan (hal yang sama juga dapat terjadi di sekitar payudara). Jika bentuknya menyerupai bisul kecil (merah-merah), hal itu bisa terjadi karena infeksi bakteri yang dipicu oleh kebiasaan mencabut dan mencukur bulu, serta keringat berlebihan.

14. Mengapa ketiak tetap menghitam, meskipun rajin dibersihkan?
Ini proses alami kulit yang biasanya timbul setelah akil balik, yang berperan adalah hormon. Faktor eksternalnya adalah penggunaan produk anti-perspirant yang tidak cocok dengan kondisi kulit sehingga menimbulkan peradangan. Sebaiknya cari kandungan produk yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit serta rendah alkohol.

15. Adakah cara efektif & aman untuk menyamarkan warna hitam pada ketiak?
Terapi seperti akupunktur dan mesoterapi bisa dilakukan. Akupunktur bekerja dengan cara menyeimbangkan hormon dan melancarkan sirkulasi darah, sedangkan mesoterapi berupa injeksi yang mengandung vitamin C yang efektif mencerahkan kulit.

16. Mengapa seseorang berkeringat secara berlebih? Dapatkah ditanggulangi?
Hal itu dapat terjadi karena ketidakseimbangan saraf yaitu antara saraf simpatis dan saraf parasimpatis atau metabolisme tubuh (biasanya setelah makan berkeringat, aktivitas berlebih seperti olahraga). Bisa ditanggulangi namun tergantung area yang sering berkeringat. Jika sering berkeringat di daerah ketiak bisa diatasi dengan suntik botox dan operasi.

17. Setiap kali mencukur bulu kemaluan, mengapa terasa perih, memerah, & muncul bentol-bentol?
Pemicunya adalah iritasi yang bisa disebabkan oleh mata silet atau cairan sabun/antiseptik yang dipakai sebelum atau sesudah mencukur. Keadaan kulit yang memerah dan berbentol-bentol merupakan infeksi. Sebagai pencegahan, sebelum mencukur gunakan antiseptik yang tidak mengandung alkohol, kemudian lap dengan kasa kering, baru dicukur. Oleskan lagi antiseptik sesudah pencukuran. Jika sudah telanjur terinfeksi, salep dan obat oral antibiotik bisa jadi solusi (harus sesuai anjuran dokter).

18. Normalkah uban di area kelamin?
Ya, bagi yang berusia 30 tahun ke atas. Jika Anda baru berusia 20-an, hal tersebut merupakan bagian dari premature graying hair. Penyebabnya beragam, mulai dari faktor genetis, kurang nutrisi pembentuk pigmen (protein dan mineral), stres, rokok, hingga polusi.

19. Mengapa di daerah kemaluan muncul bisul meskipun sudah rajin dibersihkan?
Hal itu biasanya dikarenakan karena perubahan daya tahan tubuh (kecapekan karena kurang istirahat, stres) sehingga kondisi kulit juga ikut menurun dan perubahan hormonal (hamil, menstruasi). Bisul, jika masih golongan ringan, dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak juga hilang, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk pengobatan oral maupun topikal.

20. Kenapa terkadang di area sekitar puting susu tumbuh bulu-bulu yang tebal?
Ini normal saja, karena puting adalah area hormonal. Akar rambut di daerah tersebut mudah terangsang untuk tumbuh lebih tebal karena perubahan hormon. Boleh dicabut, meskipun akan tetap tumbuh kembali.

21. Dapatkah noda hitam di lengan dan punggung akibat sering berjemur dihilangkan?
Ya. Krim whitening, krim mengandung ekstrak bengkoang, atau vitamin C bisa digunakan untuk mencerahkan noda. Eksfoliasi teratur juga dapat membantu. Perawatan ini juga harus dijaga dengan tidak berjemur terlalu sering agar hasilnya efektif.

22. Kenapa warna kulit punggung tidak merata?
Hal ini banyak terjadi pada orang yang memiliki riwayat dermatitis seborrheic (gatal-gatal ringan) sejak kecil. Bercak-bercak tidak merata tersebut adalah bekasnya. Kondisi kulit yang tidak terlalu sehat juga rentan akan hal ini (kulit yang terlalu kering atau terlalu berminyak). Biasanya ini terjadi karena jarang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

23. Apa penyebab munculnya spider veins (pembuluh darah halus yang tampak di permukaan kulit)?
Faktor usia, paparan sinar matahari berlebih, dan penggunaan obat-obatan yang merangsang pembuluh darah (biasanya yang mengan-dung steroid) bisa memicu timbulnya kondisi kulit yang terlihat seperti jaring laba-laba tersebut. Spider veins bisa diatasi dengan terapi laser vaskular dan skleroterapi (injeksi).

24. Bisakah tanda lahir dihilangkan?
Tanda lahir (nevus) bermacam-macam jenisnya. Kesulitan maupun kemudahan menghilangkannya pun relatif. Terapi laser bisa digunakan, meskipun tak semua nevus responsif terhadapnya. Biasanya hanya membuat nevus terlihat memudar, tidak 100% hilang.

25. Bagaimana menghilangkan bekas eksim?
Sebaiknya tunggu dulu selama 3-6 bulan hingga eksim benar-benar tidak muncul lagi, baru lakukan penghilangan bekas. Bisa dihilangkan dengan mengoleskan krim yang mengandung whitening atau vitamin C.

Penulis: Kartini Broto Suharjo

[Dari femina 21 / 2008]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar