Jumat, 05 November 2010

Merias Wajah Itu Mudah!



 
 
Tak ada lagi alasan tak bisa merias wajah sendiri sekarang. Ikuti tujuh langkah mudah berikut, dan berhemat ratusan ribu rupiah untuk biaya make up di salon.  Lucia Tan, make up artist senior yang sudah meluncurkan buku Basic Personal Make Up 101, memberi jurus kilat merias wajah. Sangat mudah diikuti, bahkan bagi pemula.

WAJIB PUNYA:
5 Tongkat Ajaib
Siapkan 5 macam ‘tongkat ajaib’ atau kuas yang harus selalu tersedia dalam kotak rias Anda. Pakar rias wajah meyakini bahwa riasan sempurna berawal dari kualitas kuas yang digunakannya. Hindari pemakaian kuas yang memiliki helai bulu yang mudah rontok.
1. Kuas pembaur.
2. a. Sikat untuk alis tebal
    b. Kuas untuk bentuk alis tipis
3. Kuas eyeliner.
4. Kuas bibir.
5. Kuas blush on.

1 Gunakan alas bedak yang sangat ringan di kulit, sesuai warna kulit, lalu tepukkan bedak tabur. Oleskan pelembap atau eye cream pada kelopak mata sebelum merias, agar warna perona mata dapat menempel lebih halus dan lama.

2 Dengan kuas spons, pulaskan perona mata cokelat tua, dari ujung luar mata ke dalam. Baurkan  dengan kuas pembaur, ke seluruh kelopak mata, sampai terlihat gradasi warna cokelat yang merata.

3 Bingkai kelopak mata atas dengan eyeliner ataupun pensil bagi pemula. Agar mata terlihat berdimensi, berikan highlight. Riasan natural bisa menggunakan rona off white atau putih pada tulang alis.

4 Untuk mempertegas sorot mata, jepit bulu mata, lalu tempelkan bulu mata palsu berhelai jarang untuk riasan natural, dan rapikan dengan mengaplikasikan maskara gelap.

5 Bentuk alis dengan sisir alis, jika memiliki alis tebal. Untuk alis tipis, bentuk dan arsir menggunakan pensil atau kuas yang telah dibubuhi eyeshadow warna gelap.

6 Pilih perona pipi sesuai warna kulit. Sapukan dengan kuas dari arah telinga ke bulatan pipi, lalu baurkan.

7 Akhiri riasan dengan mengoleskan lipstik warna natural menggunakan kuas. Tambahkan lipgloss bening untuk kesan segar.

TIP:
  • Gunakan concealer untuk menyamarkan kekurangan pada bagian mata, seperti warna gelap pada lingkaran mata. Aplikasikan dengan cara  ditepuk-tepuk lembut. Jangan digosok, karena daerah ini memiliki kulit sensitif.
  • Biasanya, beberapa perias menggunakan eye shadow base untuk menyempurnakan pengaplikasian perona mata. Namun, untuk pemula cukup gunakan pelembap atau eye cream. Formula eye cream yang lembut dapat membaurkan warna perona lebih lembut dan natural.
  • Tambahkan eyeliner putih pada mata bawah bagian dalam untuk memberi kesan mata lebih besar dan berbinar.
  • Hindari menggunakan lipstik jenis matte, jika kulit bibir kering. Sebaiknya lapisi bibir dengan lip balm dan oleskan lipstik menggunakan kuas untuk hasil lebih merata.
  • Untuk acara malam hari, gunakan bulu mata palsu dengan helai yang lebih rapat dan lebih panjang untuk menciptakan kesan glamor.
Penuls: Revyana Zulardiani.

[Dari femina 27 / 2010]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar