Jumat, 05 November 2010

Dari Dapur untuk Kecantikan



 
 
Kulit tubuh terlihat kusam adalah masalah yang rutin dikeluhkan oleh sebagian besar wanita. Menurut Juliana Yu, seorang cosmetologist dan aesthetician, karena pola hidup tak sehat dan makanan yang tak bernutrisi, tanpa disadari kulit tubuh kita sering kali kekurangan kandungan vitamin A, E, dan zat antioksidan. Padahal, semua zat ini sangat diperlukan dalam proses regenerasi sel kulit yang terjadi setiap hari. Hasil regenerasi yang tidak sempurna inilah yang mengakibatkan permukaan kulit tubuh terlihat kusam, kasar, dan tidak sehat.

Selain mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang berserat dan sarat vitamin, perawatan alami dari luar masih diperlukan agar proses peremajaan kulit bisa lancar. Scrub dari bahan alami bisa menjadi pilihan.

Brown Sugar Body Polish

Waktu: 60 menit
Biaya: Rp475.000
Perawatan yang memanfaatkan brown sugar atau turbinado sugar ini berkhasiat mengangkat sel kulit mati dengan lembut, tapi optimal. Mengandung antioksidan dan pelembap alami yang dapat melemaskan otot-otot wajah yang letih dan penat. Hasilnya langsung dapat terlihat setelah perawatan, yakni kulit jadi lebih cerah dan bersih seketika.

Tahapannya:
1 Dalam posisi tubuh telentang, seluruh tubuh dikompres dengan handuk hangat mulai dari kaki, tangan, hingga badan  selama 5 menit. Gunanya, agar suhu tubuh beradaptasi dengan suhu ruangan. Tubuh pun akan mulai terasa relaks.

2 Scrub brown sugar dicampur dengan grape seed oil dan air perasan jeruk lemon. Kemudian balurkan ke seluruh tubuh. Nikmati proses pembaluran yang selama 15-20 menit sambil memejamkan mata dan menghirup aroma sangat segar yang menenangkan dari  scrub. Sembari dibalur, kaki akan dipijat perlahan. Pada tahap ini scrub akan mengangkat seluruh kotoran, sekaligus memperlancar peredaran darah.

3 Agar vitamin dan zat yang terkandung dalam scrub lebih meresap ke dalam kulit tubuh, scrub didiamkan selama 10 menit. Cobalah untuk relaks atau tidur sebentar.

4 Untuk mengangkat sisa-sisa scrub dan me­nutup kembali jaringan pori kulit yang terbuka, tubuh dilumuri susu cair segar sampai merata. Kaki, tangan, punggung, hingga dada dipijat perlahan searah jarum jam,  selama 15-20 menit.

5 Setelah dibersihkan dengan waslap ha­ngat, tubuh dibilas dengan mandi menggunakan shower selama 10 menit, agar kulit tidak terasa lengket dan bersih total. Terakhir, tubuh dioleskan body cream yang mengandung jojoba selama 5-10 menit. Krim ini berguna untuk melembutkan permukaan kulit tubuh dan membwerikan nutrisi setelah perawatan.

Jasmine Rice Body Scrub
Waktu: 60 menit
Biaya: Rp595.000
Scrub ini berbahan dasar jasmine rice, yang berasal dari Thailand. Formula scrub ini berisi campuran shea butter, sunflower seed oil, tamarind extract, apricot kernel oil, dan extract mentimun. Kandungan ini kaya akan AHA, vitamin A dan E alami.  Semuanya berkhasiat membantu men­cerahkan lapisan epidermis kulit, sehingga kulit tubuh pun akan terlihat lebih cerah dan bersinar.
Tahapannya:
1 Tubuh dibersihkan terlebih dulu dengan shower selama 5 menit, agar terbebas dari kotoran.

2 Seluruh tubuh dioleskan minyak zaitun yang mengandung antioksidan tinggi, sambil dipijat perlahan selama 15 menit, agar pori-pori kulit tubuh terbuka.

3 Untuk menghangatkan suhu tubuh dan melemaskan otot-otot tubuh yang tegang, tubuh dibalut dengan selimut elektrik selama 20 menit agar minyak zaitun meresap dengan sempurna ke dalam kulit.

4 Krim yang sudah dicampur dengan jasmine rice tumbuk, dioleskan ke seluruh tubuh. Tubuh di-scrub dengan gerakan memutar selama 15 menit, agar sel kulit mati dan kotoran tidak menyumbat pori-pori.

5 Seluruh tubuh dibersihkan dengan handuk hangat agar seluruh kotoran sisa scrub terangkat dengan baik.

6 Setelah perawatan usai, tubuh dioleskan body cream khusus secara merata selama 5-10 menit. Krim ini mengandung nutrisi dari ekstrak jasmine rice yang baik untuk peremajaan kulit.

Penulis: Adinda Tri Wardhani


[Dari femina 7 / 2010]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar